Posisi Beraktifitas Yang tepat Ibu Hamil

Sempak HIjau
--
----------

Posisi tepat Ibu Hamil - Pada ibu-ibu yang sedang hamil, ada beberapa posisi yang baik dan tepat untuk kesehatan janin dalam melakukan aktivitas ANda. Perut yang semakin menunjukkan perubahan fisik pada masa kehamilan saat memasuki usia tua akan membuat Anda semakin sulit untuk mencari posisi yang nyaman.

POSISI IBU HAMIL

Posisi Beraktifitas Yang tepat Ibu Hamil

Adapun beberapa posisi yang tepat untuk Anda lakukan saat sedang hamil adalah dengan posisi-posisi berikut ini:

1. Duduk

Pada Ibu yang sedang hamil disarankan agar mengunakaan posisi duduk. Dengan punggung yang lurus dengan bahu dan ditarik ke belakang. Berat badan yang meningkat pada ibu hamil akan sangat mempengaruhi otot yang dapat menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Hal ini akan menyulitkan Anda dalam mencari posisi yang nyaman.

2. Berdiri (berjalan)

Aktif dalam bergerak juga dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil untuk tetap menjaga kondisi tubuh tetap fit. Usahakan untuk dapat tetap menjaga bahu Anda tetap tegak (jangan menunduk) saat berjalan. Jangan menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi, gunakan saja sandal yang berjenis jepit.

3. Bangun dari tidur

Kesulitan saat ingin membangunkan diri dari tidur sudah pasti akan dirasakan oleh para ibu hamil. Cara yang tepat adalah dengan cara memiringkan tubuh Anda terlebih dahulu dan simpan satu tangan Anda pada bagian sisi tubuh Anda. Geserkan tangan secara perlahan dan bangkit dari tidur sehinggat dapat duduk dengan sempurna.

4. Menunduk

Saat ada barang yang berada di bawah (terjatuh), seringkali Anda akan kesulitan untuk mengambilnya. Cara untuk mengambil barang yang ada di bawah tubuh kita adalah dengan cara tetap tegakkan tubuh Anda. Secara perlahan, tekukan salah satu kaki hingga Anda seperti terlihat jongkok.

5. Mengangkat Benda

Lihat terlebih dahulu berat dari beban yang akan Anda angkat. Jangan mengangkat barang dengan berat lebih dari 5kg dengan waktu yang cukup lama. Apalagi jika lebih dari 5kg, bisa berbahaya sekali untuk Anda/bayi Anda. 

Sebaiknya, hindari untuk mengangkat-angkat barang seperti ini. Suruh saja orang lain, jika tidak ada, jangan keras kepala. Tunggu saja ada yang datang dan mintalah bantuan.

Dengan lima posisi yang telah dijelaskan di atas, Anda sudah dapat melakukan kegiatan sehari-hari Anda dengan lebih nyaman pastinya. Sebenarnya, bagi ibu hamil, untuk bergerak memang juga sangat diperlukan. Hanya saja, batasan-batasan seberapa besar pergerakan itulah yang harus dibatasi karena kehamilan ini.


Semoga bermanfaat dan terima kasih.